Rabu, 10 Juli 2013

Michael Faraday




MICHAEL FARADAY
Pencipta Motor Listrik
Michael Faraday lahir pada tanggal 22 September 1791 di Newington Butts, Inggris. Orangtuanya sangat miskin sampai tak mampu membiayai sekolah ke-10 anaknya, termasuk Faraday. Untuk membantu ekonomi keluarganya, pada usia 14 tahun Faraday bekerja sebagai penjilid buku sekaligus penjual buku. Di sela-sela pekerjaannya, ia manfaatkan untuk membaca berbagai jenis buku terutama ilmu pengetahuan alam, khususnya fisika dan kimia.
Ketika berumur 20 tahun, Faraday mengikuti ceramah-ceramah yang diberikan oleh ilmuwan Inggris kenamaan. Selama mengikuti ceramah, Faraday membuat catatan dengan teliti dan menyalinnya kembali apa yang didengarnya dengan rapi. Kemudian berkas catatan itu dia kirimkan kepada salah seorang dosen bernama Humphry Davy. Sang dosen tertarik dan mengangkat Faraday menjadi asistenya di Laboratorium Universitas terkenal di London. Usia Faraday saat itu baru 21 tahun.
Di bawah bimbingan Davy, Faraday berkembang pesat. Awalnya ia hanya bekerja sebagai pencuci botol. Namun, berkat kegigihannya dalam belajar, hanya dalam waktu singkat, ia dapat membuat penemuan baru atas kreasinya sendiri, yaitu menemukan dua senyawa klorokarbon dan berhasil mencairkan gas klorin dan beberapa gas lainnya.
Penemuan pertama Faraday yang penting di bidang listrik terjadi pada tahun 1821, yaitu suatu skema pertama penggunaan arus listrik untuk membuat sesuatu benda bergerak. Penemuan Faraday ini merupakan cikal bakal semua jenis motor listrik yang digunakan dunia sekarang. Hasil penemuan ini dianggap sebagai pembuka jalan dalam bidang kelistrikan dan membuat nama Faraday mulai terkenal di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Like Ya... ^_^
×